uploads/article/2024/02/dirty-votes-ramai-dibahas--89577a34a03b7f8.png

Dirty Votes Ramai Dibahas: Berikut 4 Film Dokumenter yang Membahas Peristiwa Bersejarah Indonesia

Film dokumenter bisa dibilang menjadi salah satu genre film yang sering kali menjadi genre kesukaan masyarakat Indonesia. Karena, nggak jarang film dokumenter menyajikan kisah-kisah inspiratif dari sosok-sosok yang memiliki pengaruh terhadap suatu hal. Sehingga, melalui kisah inspiratif tersebut, para penonton akan termotivasi untuk dapat melakukan hal yang sama atau bahkan lebih baik dari tokoh-tokoh yang dijadikan inspirasi film dokumenter.

Lebih dari itu, film dokumenter pun sering kali mengangkat isu atau fenomena yang memang terjadi di masyarakat. Sehingga, alur yang diceritakan lebih relatable dan dekat dengan masyarakat, makanya film dokumenter selalu sukses membuat penontonnya merasakan keresahan yang sama. 

Terbaru, film dokumenter yang baru ini dirilis dengan judul 'Dirty Vote' sukses menjadi film dokumenter yang dibahas belakangan ini. Film yang disutradarai oleh Dandhy Laksono ini tayang di YouTube pada 11 Februari kemarin. Selain Dirty Vote, film dokumenter lain yang membahas mengenai isu dan fenomena yang terjadi di Indonesia adalah 'Eksil' yang sudah tayang terbatas di sejumlah bioskop sejak 1 Februari 2024 kemarin.

Selain kedua film tersebut, sebenarnya Indonesia terbilang cukup sering merilis film-film dokumenter. Terlebih, Indonesia memang memiliki berbagai peristiwa bersejarah, ataupun tokoh-tokoh yang rasanya layak untuk didokumentasikan kisahnya untuk mengedukasi masyarakat Indonesia. Apa saja kah film-film dokumenter tersebut?

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Live Action Versi Gen FM yang Wajib kamu Tonton!

1. Bali, Hope in Paradise 

Salah satu film dokumenter yang dapat Sobat Gen tonton adalah 'Bali, Hope in Paradise'. Disutradai oleh Jane Walters, Bali, Hope in Paradise' menceritakan sosok Asriana Kebon, wanita muda yang memiliki garis keturunan Bali-Australia yang berjuang membantu par ajanda dan juga anak-anak dari korban bom Bali. 

Film dokumenter yang rilis pada tahun 2004 ini pun sukses mendapatkan pengakuan internasional dengan meraih film dokumenter internasional terbaik pada Festival Film Independent International New York. 

2. Pulau Plastik 

Sebelum merilis film 'Dirty Votes', Dandhy Laksono memang cukup sering merilis film-film dokumenter yang membahas isu-isu sosial di Indonesia. Salah satu film dokumenter dari Dandhy Laksono yang cukup menyita perhatian adalah 'Pulau Plastik'. Film yang dirilis di tahun 2021 ini adalah hasil kerja sama Dandhy Laksono dengan Rahung Nasution yang rilis di Netflix pada 22 April 2021. 

Pulau Plastik sendiri merupakan sebuah film doumenter yang membahas mengenai isu lingkungan. Secara garis besar, film ini membawakan kampanye 'Tolak Plastik Sekali Pakai'. Sehingga, film ini mengedukasi masyarakat untuk berhenti menggunakan plastik. 

BACA JUGA: 6 Film Bioskop yang Wajib Sobat Gen Tonton di Tahun 2024!

3. The Act of Killing

Salah satu film dokumenter yang pada awal penayangannya mendapatkan banyak tentangan adalah The Act of Killing. Gimana nggak? The Act of Killing mengisahkan sosok Anwar Congo dan Adi Zulkardy yang menjadi eksekutor dari para anggota partai 'merah' di Indonesia. 

Film yang disutradari oleh Joshua Oppenheimer ini merupakan hasil kerja sama antara Inggris, Denmar, dan Norwegia dalam rpyek bernama Dowcest di Universitas Westminter, London. 

4. Ice Cold: Murder, Coffee, and Jessica Wongso

Film dokumenter terakhir yang sukses menyita perhatian publik adalah 'Ice Cold: murder, Coffee, and Jessica Wongso' yang rilis di Netflix di tahun 2023 kemarin. Film yang mengisahkan fenomena pembunuhan yang melibatkan Jessica Wongso dan Mirna ini sukses menjadi film yang paling sering dibahas di tahun 2023 kemarin.

Dari segi cerita, film dokumenter ini menjelaskan alur kasus, temuan-temuan pada kasus, dan juga penryataan dari saksi terkait yang terlibat dalam kasus tersebut, bahkan sosok Jessica pun hadir memberikan keterangan dalam film tersebut melalui buku harian yang ditulisnya dari dalam penjara. 

BACA JUGA: Cara Film Mokumenter Mengemas Kisah Fiksi Menjadi Seakan-Akan Kisah Nyata

Hadirnya berbagai film dokumenter yang mengisahkan tokoh dan peristiwa bersejarah di Indonesia pada dasarnya menjadi salah satu media untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat Indonesia. Selain keempat film tersebut, masih terdapat film-film dokumenter lain yang bisa Sobat Gen tonton di berbagai platform streaming yang ada di internet. (*/)

(RRY)

banner