uploads/article/2024/02/dari-idol-k-pop-gemoy--162291068cbc527.png

Dari Idol K-Pop, Gemoy, Sampai Tim Penguin: Berikut Gimik-Gimik yang Hadir Meramaikan Pilpres 2024

Debat Pilpres 2024 sudah resmi usai. Terlepas dari konteks politik, debat pilpres kali ini menyajikan berbagai 'gimik' yang kayaknya cukup relatable dengan anak muda Indonesia. Mulai dari gemoy, anis bubble, sampai tim penguin rasanya menjadikan pilpres 2024 menjadi pilpres yang erat banget dengan anak muda terutama gen Z Indonesia. 

Kemunculan 'gimik' ini tentunya nggak tanpa alasan. Suara gen Z sebagai suara yang paling diperebutkan karena menjadi pemilih mayoritas tentunya menjadi alasan para paslon untuk meraup suara para gen Z. Tim redaksi Gen FM pun menemukan berbagai gimik-gimik yang digunakan oleh setiap paslon. Apa saja kah gimik-gimik di kontestasi pilpres kali ini?

Gimik Anies Baswedan-Cak Imin

Kampanye Anies memang dikenal melalui berbagai acara seperti 'Desak Anies' dan 'Slepet Imin'. Tapi, bicara gimik paslon nomor satu ini cukup banyak menggunakan gimik-gimik yang relatable dengan anak muda Indonesia. 

1. Anies-Cak Imin jadi Idol K-Pop

Gimik yang populer dari pasangan paslon nomor satu adalah gimik K-Pop fiction untuk Anies, Cak Imin, dan juga Tom Lembong. Dari pengakuan Timnas AMIN, adanya K-Pop fiction ini muncul secara organik dan berasal dari basis pendukung Anies. Bermula dari live TikTok yang dilakukan oleh Anies, akhirnya muncul akun Anies Bubble di X yang merekap berbagai kegiatan Anies di media sosial seperti TikTok.  

Untuk Sobat Gen yang merupakan K-Popers, tentunya bubble menjadi platform yang nggak asing. Buble sendiri adalah platform untuk pada idol K-Pop memberikan update kegiatannya ke para penggemarnya. Sehingga, dengan hadirnya Anies Bubble, pada akhirnya membuat berbagai akun 'bubble' dari Cak Imin ataupun Tom Lembong bermunculan. Tujuannya sama, yaitu untuk memberikan update seputar kegiatan AMIN di media sosial layaknya idol K-Pop. 

2. Anies Nonton Anime 

Kalau masuk ke K-Pop, kayanya terasa kurang kalau nggak masuk ke anime juga. Anies menjadi salah satu capres yang juga menggunakan gimik anime ke dalam kampanyenya. Anies beberapa kali memberikan update terkait dirinya yang sedang menonton anime 'Attack on Titan'. Bahkan, di debat ketiga Anies pun menggunakan gesture tangan 'Tatakae' yang ada di anime Attack on Titan sebagai bentuk  perjuangan beliau di pilpres 2024. 

BACA JUGA: Hadir di Debat Kemarin, Berikut Kesamaan Dunia Naruto dan One Piece dengan Indonesia!

Gimik Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming 

Bicara soal gimik, paslon nomor dua bisa dibilang menjadi trendsetter munculnya gimik-gimik politik di ajang Pilpres 2024. Hadirnya sosok Gibran yang dianggap sebagai 'perwakilan' anak muda bisa dibilang yang akhirnya membuat gimik dari paslon nomor dua hadir dan dikenal oleh masyarakat. 

1. Gimik Gemoy 

Gimik gemoy bisa dibilang menjadi awal lahirnya berbagai gimik dari setiap paslon. Gimik yang menghadirkan sosok Prabowo sebagai sosok yang lucu dan imut sukses menjadi trend di awal masa kampanye Pilpres 2024. Belum lagu berbagai jogetan pun semakin membuat gemoy digunakan oleh pendukung paslon nomor 1 sebagai bentuk dukungan mereka. 

2. Gibran jadi Naruto 

Selain Anies yang menggunakan anime sebagai gimiknya, Gibran pun melakukan hal yang sama. Berbeda denga Anies yang menonton dan menggunakan gesture 'Tatakae' ketika debat. Gibran memilih untuk menggunakan baju Naruto dan juga pin One Piece sebagai bentuk gimiknya. Hal tersebut Gibran lakukan ketika hadir di debat cawapres kedua kemarin. 

BACA JUGA: Dari El Chef, El Gemoy, dan El Chudai: Berikut Arti 3 Julukan Para Capres yang Viral di Media Sosial

Gimik Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Ganjar-Mahfud bisa dibilang nggak terlalu banyak menggunakan gimik. Salah satu gimik yang dikenal dari paslon nomor tiga adalah Tim Penguin untuk Ganjar.

1. Tim Penguin Ganjar

Salah satu gimik yang paling populer dari sosok Ganjar Pranowo adalah Tim Penguin. Tim Penguin ini muncul setelah Ganjar menggunakan meme penguin dari film Madagascar. Sebagai konteks, tim penguin ini sendiri muncul secara organik dari para pengguna X. Penggunaan meme penguin sendiri adalah untuk mereferensikan film porno yang Ganjar akui dirinya sempat menyukainya. Bukannya marah dan kesal, Ganjar memilih untuk embrace the memes yang akhirnya menbuat simpati dari masyarakat X dan pendukungnya. Kini Tim Penguin hadir seperi Anies Bubble, yaitu untuk memberikan update kegiatan Ganjar. 

BACA JUGA: Dari Wakanda sampai Konoha, Berikut Nama-Nama Lain Indonesia yang Kerap Digunakan di Media Sosial

Gimik Nggak Masalah Asal Subtansial 

Hadirnya gimik pada kampanye setiap paslon sebenarnya nggak menjadi sesuatu hal yang salah. Selagi nggak ada pelanggaran yang dilakukan, gimik-gimik ini justru menjadi daya tarik bagi anak muda untuk lebih melek akan kontestasi politik di Indonesia. Namun, yang harus digarisbawahi, gimik pada kampanye ini tetap harus memiliki subtansi dan alasannya. Ketika gimik hanya menjadi gimik, kayaknya hal tersebut menjadi too much dan justru cringe. 

Dengan demikian, gimik politik harus dibarengi dengan gagasan dari setiap paslon. Sehingga, para pemilih nantinya tetap memiliki poin penilian yang didasari oleh gagasan dan nggak hanya gimik semata. (*/)

(RRY)

banner