uploads/article/2023/12/sering-dianggap-sama-berikut-2582901495bd987.png

Sering Dianggap Sama, Berikut 5 Perbedaan Reality Show dengan Variety Show

Industri hiburan Indonesia nggak bisa dipungkiri punya berbagai jenis tontonan hiburan yang tersebar di berbagai stasiun TV nasional. Salah satu jenis tontonan yang kini menjadi populer di Indonesia adalah reality show dan juga variety show. Terlebih, masuknya layangan streaming di Indonesia pada akhirnya memberikan kesempatan bagi berbagai reality maupun variety show yang berasal dari luar negeri untuk tayang di Indonesia.

Sebagai contoh, salah satu reality show yang populer di Indonesia di era sekarang adalah MasterChef Indonesia. Meskipun merupakan ajang kompetisi memasak, pada dasarnya dalam acara tersebut tetap terdapat alur cerita dari setiap kontestannya. Di sisi lain, variety show di Indonesia sebenarnya cukup banyak di era 2000an. Untuk Sobat Gen yang besar di era 2000an, kayaknya variety show kayak Spontan, Ups Salah, dan lain sebagainya menjadi salah satu variety show yang wajib banget ditonton sebagai hiburan di masa itu.

Akan tetapi, pada kenyataannya ternyata masih banyak masyarakat Indonesia yang belum bisa membedakan antara reality show dengan variety show, loh, Sobat Gen! Melalui artikel ini, penulis akan menjelaskan perbedaan dari reality show dengan variety show!

1. Reality Show Merupakan Gambaran Kehidupan Sehari-Hari

Salah satu perbedaan antara reality show dengan variety show adalah penggambaran mengenai kehidupan sehari-hari. Kalau Sobat Gen cukup jeli, dalam reality show Sobat Gen akan disuguhi tontonan dari ‘kehidupan’ seseorang. Sesuai namanya, reality show mencoba membawakan ‘realita’ kehidupan dalam bentuk tontonan yang menghibur.

Di sisi lain, variety show lebih mengarah ke acara hiburan yang biasanya akan mengundang ‘bintang tamu’ baik yang memang sudah direncanakan ataupun datang secara spontan. 

BACA JUGA: Mengenal Manhwa: Manga Versi Korea Selatan yang Makin Sering Diadaptasi Menjadi Drama Korea 

2. Reality Show Dilakukan ‘tanpa’ Skrip

Dengan membawa konsep ‘kehidupan’ sehari-hari, tentunya reality show memberikan tontonan selayaknya kehidupan sehari-hari seseorang. Semuanya terasa real, dan berjalan secara natural. Padahal, sesuatu yang berjalan secara ‘natural’ tersebut merupakan bagian dari skrip suatu reality show.

Di sisi lain, variety show pada dasarnya memang berjalan sesuai dengan skrip yang sudah disiapkan. Mulai dari lokasi syuting, wardrobe, bintang tamu, dan lain sebagainya pada  dasarnya semuanya sudah diatur oleh skrip. 

3. Reality Show ‘tidak’ Ada Pembawa Acara

Sesuai dengan namanya, reality show tentunya ingin memberikan gambaran mengenai suatu kehidupan seseorang. Sehingga, seseorang yang menjalani hari-harinya tersebutlah yang menjadi seorang ‘pembawa acara’. Mereka memang secara tidak langsung menyapa penonton yang menonton, namun interaksi tetap dapat terjadi melalui aktivitas yang dilakukan oleh orang tersebut.

Di sisi lain, variety show tentunya memiliki pembawa acara yang melakukan interaksi langsung dengan penonton. Mulai dari menyapa penonton, menjelaskan apa yang terjadi, dan lain sebagainya. 

BACA JUGA: 3 Rekomendasi Series On Going yang Bisa Kamu Tonton!

4. Variety Show Memberikan Games

Sobat Gen tentunya tahu variety show Running Man yang berasal dari Korea bukan? Dalam acara tersebut, para karakter yang terlibat akan memainkan sebuah games yang sudah disiapkan dalam skrip. Baik bintang tamu dan para pemain yang terlibat wajib memainkan game tersebut. 

5. Perbedaan Petunjuk

Jika dalam variety show, pembawa acara memandu bintang tamu bermain game, hal ini berbeda dengan reality show. Dalam reality show, arahan untuk bermain game umumnya disampaikan melalui kertas atau pesan yang ditempatkan di lokasi tertentu.

Nah Sobat Gen, penjelasan di atas adalah penjelasan mengenai perbedaan antara reality show dengan variety show. Jadi, apa reality atau variety show favorit Sobat Gen? (*/)

(RRY)

 

banner