uploads/article/2023/09/mengenal-manhwa-manga-versi-907411986120b22.png

Mengenal Manhwa: Manga Versi Korea Selatan yang Makin Sering Diadaptasi Menjadi Drama Korea

Moving bisa dibilang menjadi salah satu series drakor terpopuler di sepanjang tahun 2023 ini. Tapi, tahukah Sobat Gen kalau series drakor Moving merupakan adaptasi dari manhwa? 

Jika umumnya masyarakat Indonesia mengenal anime sebagai komik yang berasal dari Jepang, manhwa sendiri adalah komik yang berasal dari Korea Selatan. manhwa sendiri merupakan budaya turunan dari pop culture Korea Selatan. 

Istilah "manhwa" sendiri berasal dari bahasa Korea yang berarti "gambar yang tidak bergerak." Seperti komik atau manga Jepang, manhwa juga menggunakan gambar dan teks untuk menyampaikan cerita. Namun, manhwa memiliki ciri khasnya sendiri dalam hal gaya seni, narasi, dan budaya yang mencerminkan Korea.

BACA JUGA: MOVING: DRAKOR YANG LEBIH DARI SEKADAR KISAH MANUSIA SUPER

Sejarah Manhwa

Selayaknya sebuah bentuk budaya dan kesenian, manhwa pun memiliki sejarahnya tersendiri nih, Sobat Gen! Keberadaan manhwa sendiri dapat dilihat sejak abad ke-18. Awalnya, manhwa digambarkan dalam bentuk gambar tanpa teks. Selain itu, cerita yang diceritakan pada manhwa pada era tersebut pun berkutat dengan cerita rakyat maupun agama.

Masuk ke abad ke-20, seiring berkembangnya budaya populer di Korea Selatan, cerita dari manhwa pun makin bervariasi. Manhwa di era abad ke-20 berubah menjadi media hiburan yang biasa dikonsumsi oleh anak muda. Selain itu, manhwa pun makin sering diadaptasi menjadi serial drama, film, ataupun animasi. Dan kini, penggemar manhwa pun bukan hanya berasal dari Korea Selatan saja, melainkan dunia.

Sobat Gen pun nyatanya dapat mengakses manhwa melalui berbagai aplikasi seperti webtoon yang menjadi aplikasi penyedia berbagai komik manhwa. 

Karakteristik Manhwa 

Salah satu aspek paling mencolok dari manhwa adalah gaya seni yang beragam. Meskipun setiap seniman memiliki ciri khasnya sendiri, manhwa sering dikenal dengan karakterisasi yang kuat dan ekspresi emosional yang mendalam. Beberapa manhwa juga dikenal karena menggunakan warna dengan sangat efektif dalam karyanya.

BACA JUGA: SERING DIKATAKAN SAMA, BERIKUT 4 PERBEDAAN ANTARA ANIME DENGAN KARTUN 

Genre Manhwa

Selayaknya komik pada umumnya, manhwa pun memiliki ragam genre yang dapat Sobat Gen baca. Berbagai genre seperti:

1. Romantis: Manhwa bergenre romantis menjadi salah satu manhwa populer yang seringkali dibaca oleh banyak orang terutama anak muda. Sesuai namanya, manhwa romantis menggambarkan kisah cinta dan hubungan antara karakter utama.

 2. Aksi dan Petualangan: Manhwa bergenre aksi dan petualangan pun menjadi salah satu genre populer manhwa. Selain itu, manhwa bergenre aksi dan petualangan pun dapat di-mix dengan genre lain, sehingga cerita manhwa dapat lebih kompleks.

3. Drama Sejarah: Manhwa bergenre sejarah biasanya akan menceritakan atau merekonstruksi masa lalu Korea. Sehingga, selain menjadi media hiburan, manhwa pun dapat menjadi media pembelajaran mengenai sejarah Korea Selatan.

4. Supranatural: Manhwa bergenre supranatural biasanya akan menceritakan cerita seputar kekuatan super, makhluk-makhluk mitologi, ataupun kekuatan gaib. Sehingga, manhwa bergenre supranatural pun seringkali bergenre horor ataupun aksi dan petualangan. 

 

Manhwa di Masa Depan

Sama seperti manga, manhwa pun kini kian populer. Untuk membaca manhwa pun Sobat Gen tidak perlu memiliki komik ataupun buku fisiknya. Cukup mengunjungi berbagai situs komik resmi seperti Webtoon, Sobat Gen sudah dapat membaca manhwa sesuai dengan genre yang Sobat Gen suka. 

Dengan demikian, kepopuleran manhwa di masa depan rasanya adalah hal yang pasti akan terjadi. Manhwa dapat menjadi alternatif bacaan hiburan bagi banyak orang apabila bosan dengan manga ataupun komik lainnya. Dengan karakteristik gambar yang berbeda dengan manga, rasanya manhwa menjadi alternatif bacaan Sobat Gen ketika sedang mengisi waktu luang.(*/)

(RRY)

 

banner