uploads/article/2023/11/pengen-jadi-produser-musik--58524f16b0ad365.png

Pengen Jadi Produser Musik? Kenali 5 Aplikasi Produksi Musik Ini!

Perkembangan teknologi tentunya punya pengaruh terhadap industri musik. Jika dulu penguasaan alat musik jadi hal wajib untuk memproduksi musik, kini berkat perkembangan teknologi, Sobat Gen nggak harus ‘menguasai’ alat musik untuk menciptakan sebuah musik. 

Meskipun pengetahuan tentang alat musik tersebut tetap menjadi hal yang wajib, namun berkat hadirnya berbagai software atau aplikasi untuk memproduksi suatu musik, kini banyak dari para produser cenderung lebih sering menggunakan software tersebut untuk memproduksi suatu musik.

BACA JUGA: Ingin Jadi Produser Musik? Kenali 14 Istilah Berikut Ini! 

Sobat Gen yang punya cita-cita untuk menjadi musisi tentunya kepo kan dengan software apa yang biasa digunakan oleh para musisi untuk memproduksi musik. Nah, melalui artikel ini, penulis akan membagikan 5 software produksi musik yang bisa Sobat Gen gunakan. Software apa sajakah itu?

1. Ableton Live

Ngomongin software untuk memproduksi musik, beat, atau lagu. Ableton Live bisa dibilang menjadi aplikasi recording audio untuk PC yang terbaik hingga saat ini. Selama sedekade terakhir, Ableton terus dipercaya oleh para produser musik untuk menciptakan musik, beat, maupun lagu.

Ableton sendiri kini sudah masuk ke versi kesebelasnya. Ableton Live 11 pun akhirnya nggak jarang menjadi pilihan dari kebanyakan orang, baik mereka yang masih menggunakannya untuk keperluan pribadi maupun untuk mereka yang sudah profesional. 

2. Fruity Loops (FL Studio)

Nggak asik kalau kita bicara tentang Ableton tanpa memasukan nama salah satu kompetitor terbesarnya, yaitu FL Studio. Sama seperti Ableton, FL Studio pun tersedia di laptop ataupun PC. FL Studio pun memiliki ragam fitur yang hampir sama dengan Ableton, mulai dari recording, editing, sampai ke produksi musik sendiri. 

BACA JUGA: Nujabes: Sosok Penting di Balik Kesuksesan Musik Lo-Fi 

Software buatan Image-Line ini memberikan kesempatan untuk penggunanya melakukan update software gratis seumur hidup. Tapi, untuk Sobat Gen yang belum memiliki PC atau laptop yang kompatibel, FL Studio pun tersedia untuk versi mobilenya kok!

3. Adobe Audition

Adobe memang selalu jadi developer aplikasi yang membantu para pekerja di industri kreatif. Selain Adobe Premiere, Photoshop, Illustrator, Animate, Adobe pun memiliki Adobe Audition sebagai software yang dipilih oleh para musisi. 

Melalui Adobe Audition, Sobat Gen diberi kesempatan untuk membuat komposisi instrumen sesuai dengan komposisi yang Sobat Gen inginkan. Nggak cuma untuk merekam suara, di Adobe Audition pun Sobat Gen bisa mengedit suara yang sudah Sobat Gen rekam, seperti retouch, dan memberikan efek lainnya.

Sobat Gen pun bisa mengkombinasikan banyak track menjadi satu. Jadi, misal Sobat Gen sudah membuat beat di FL Studio, nantinya file musik dari FL Studio tersebut bisa Sobat Gen masukan ke Adobe Audition dan kemudian digabungkan dengan track suara Sobat Gen. 

4. GarageBand

Pengen main gitar, drum, dan instrumen lainnya tapi nggak punya barangnya? Tenang aja, lewat GarageBand, Sobat Gen bisa memainkan segala macam alat musik yang tersedia pada aplikasi tersebut. Sobat Gen pun bisa mengatur preset gitar dan drum implisit sendiri.

5. Audacity

Terakhir, Audacity bisa dibilang menjadi salah satu aplikasi recording audio yang gratis di PC dan Laptop. Audacity memungkinkan Sobat Gen untuk melakukan editing terhadap audio yang Sobat Gen punya. Mulai dari memotong, memperbaiki, sampai memberi beberapa efek sesuai dengan apa yang Sobat Gen harapkan.

BACA JUGA: Cara Unik Musisi Indonesia Promosikan Lagunya: Dari Dating Apps Sampai Situs Porno

Lima aplikasi di atas menjadi lima aplikasi yang bisa Sobat Gen ingin memproduksi musik. Sobat Gen pun harus tau, Sobat Gen bisa memilih aplikasi apapun sesuai dengan kenyamanan Sobat Gen ya! Atau, Sobat Gen pun bisa mengkombinasikan berbagai aplikasi tersebut untuk menciptakan musik yang Sobat Gen inginkan. (*/)

(RRY)

 

banner