uploads/article/2023/11/4-pahlawan-kemerdekaan-yang-90509a9e2c807ed.png

4 Pahlawan Kemerdekaan yang Juga Merupakan Musisi Nasional

Dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, tentunya seluruh lapisan masyarakat Indonesia kala itu saling bahu membahu untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pedagang, tokoh politik, sampai musisi pun nyatanya turut serta menjadi pahlawan kemerdekaan.

Musisi, sekilas kalau kita bicara tentang perjuangan untuk memerdekakan Indonesia, peran musisi rasanya seringkali terlupakan. Padahal, pada kenyataannya, cukup banyak tokoh musisi nasional yang turut serta menjadi pahlawan kemerdekaan

Peran musisi dalam mengupayakan kemerdekaan Indonesia bisa melalui pembuatan lagu nasional untuk memupuk semangat nasionalis masyakarat Indonesia, dan juga turut serta tergabung dalam organisasi yang bertujuan untk memerdekakan Indonesia, seperti apa yang dilakukan oleh W.R. Supratman yang turut serta dalam perumusan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

BACA JUGA: Jauh Sebelum Spotify, Berikut 8 Alat untuk Mendengarkan Musik yang Wajib Kamu Ketahui!

Nah Sobat Gen, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Indonesia, berikut tokoh-tokoh kemerdekaan Indonesia yang juga merupakan musisi nasional. Siapa sajakah pahlawan kemerdekaan tersebut?

1. W.R Supratman

Nama W.R Supratman kayaknya nggak asing di telinga Sobat Gen. W.R Supratman atau Wage Rudolf Supratman adalah sosok yang menciptakan lagu kebangsaan Indonesia, yaitu ‘Indonesia Raya’. Selain menciptakan lagu kebangsaan Indonesia, W.R Supratman pun merupakan sosok tokoh kompnis Indonesia juga loh, Sobat Gen!

Selain menjadi seorang musisi dengan pena dan biolanya, W.R Supratman juga merupakan seorang guru dan juga wartawan yang berjuang demi kemerdekaan Indonesia. 

Karyanya yang kini menjadi lagu kebangsaan Indonesia, yaitu ‘Indonesia Raya’ pertama kali dikumandangkan pada 28 Oktober saat W.R Supratman menghadiri Deklarasi Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. 

2. Ismail Marzuki

Sosok Ismail Marzuki tentunya kita kenal sebagai sosok yang sering kali menciptakan berbagai lagu nasional yang membuat hati dan semangat nasionalisme kita bergetar. Ismail Marzuki sendiri merupakan komponis dan juga penyair Indonesia yang lahir di Kampung Kwitang, Jakarta, pada 11 mei 1914.

Karya pertama dari Ismail Marzuki lahir pada rentan waktu 1944 sampai 1948. Ismail Marzuki yang telah menjadi seorang komponis sejak berusia 17 tahun menciptakan berbagai lagu yang benar-benar menjadi pemupuk semangat masyarakat Indonesia. 

BACA JUGA: 5 Musisi Indonesia yang Punya Lebih dari Satu Band 

Kini, berbagai karya dari Ismail Marzuki diabadikan sebagai pusat seni di Jakarta melallui Taman Ismail Marzuki. Berbagai lagu, seperti Rayuan Pulau Kelapa, Halo-halo Bandung, Gugur Bunga di Taman Bakti, Indonesia Pusaka, dan lainnya menjadi salah satu karya dari Ismaill Marzuki. 

3. Kusbini 

Kusbini menjadi salah satu pahlawan kemerdekaan yang merupakan seorang musisi lainnya. Kusbini lahir di desa bernama Kelagi, Mojokerto, Jawa Timur pada 1 Januari 1910. Ditempa semenjak kecil, Kusbini tumbuh menjadi sosok yang memiliki rasa empati dan simpati yang tinggi pada mereka yang memiliki nasib yang sama dengannya. 

Kusbini akhirnya menjadi tokoh musik keroncong pada era 1930-1955. Musik keroncong yang menjadi wadah baginya untuk menuangkan semangat perjuangan melalui dunia musik sukses diterima oleh masyakarat Indonesia. Sehingga, nggak jarang jika masyarakat Indonesia menjuluki keroncong sebagai genre musik khas Indonesia. 

Bersama Ibu Sud, Kusbnini menciptakan berbagai lagu yang membangkitkan gairah, semangat, dan kesadaran anak-anak Indonesia yang memiliki cita-cita untuk kebebasan Tanah Air dan bangsanya.

Berbagai karya seperti, Bagimu Negeri, Bersatu, Nyanyian Bunga,Cinta Tanah Air, Pembangunan, dan lainnya mejadi karya dari Kusbini.

4. Ibu Sud

Ibu Sud menjadi representasi perempuan pada tokoh pahlawan kemerdekaan yang merupakan musisi. Sosok bernama asli Sarijah Bintang Sudibyo merupakan tokoh seni dan komponis asal Indonesia yang lebih dikenal dengan nama Ibu Sud.

Lahir di Sukabumi pada 26 Maret 1908, Ibu Sud memiliki pandangan yang dinamis terhadap pelestariaan kebudayaan nasional.

BACA JUGA: Mengenal 5 Solois Populer di Indonesia 

Melalui pandangan tersebut, Ibu Sud sudah melahirkan berbagai karya, seperti Merah Putih, Tanah Airku Tiada Kulupakan, Menanam Jagung, Berkibarlah Benderaku, dan lainnya.

Nah Sobat Gen, 4 musisi di atas merupakan musisi nasional yang juga merupakan pahlawan kemerdekaan Indonesia. Semoga, karya-karya dari mereka tidak akan pernah terlupakan dan akan terus dinyanyikan oleh generasi mendatang ya! (*/)

(RRY)

 

banner