/uploads/uploads/photos/2020/07/15/2028484black-foooted-cat-rsz.png
#KATAGENERO

Jangan Coba – Coba Pelihara Kucing Imut Ini Gaes!

Logo GEN FM
/uploads/uploads/photos/2020/07/15/2028484black-foooted-cat-rsz.png

15 Juli 2020

Kucing liar di jalanan pasti banyak juga yang imut dan menggemaskan. Tapi gimana kalau kucing liar ini adalah kucing yang hidup di alam terbuka wilayah Afrika Selatan? Namanya black-footed cat, spesies lain dari kucing yang memiliki ukuran paling kecil di Afrika. Saking imutnya mereka banyak yang belum menyadari kalau mereka pandai berburu dan sangat mematikan. Tingkat keberhasilan berburu mereka bisa mencapai 60%. Si kaki hitam ini hidup secara nokturnal (aktif di malam hari) dan mampu berburu hewan bersayap yang terbangnya rendah seperti kelelawar. Tak hanya itu, kucing ini mampu menjelajahi wilayah buruannya dengan rata – rata cakupannya seluas radius 8,5 km perhari.

Kucing yang terkenal suka menyendiri ini lebih suka menggali lubang dan tinggal di dalamnya. Dengan tingkat akurasi keberhasilan berburu yang cukup tinggi kucing ini tergolong mematikan. Karena itulah mangsa yang biasa mereka buru juga ukurannya lebih kecil dari tubuh mereka seperti tikus, kalajengking, kelelawar, dan lain sebagainya. Namun uniknya kucing kaki hitam ternyata juga mampu memburu hewan yang ukuran tubuhnya lima kali lebih besar dari mereka.

Sebagai kucing paling kecil sekaligus juga paling mematikan berdasarkan data International Union for Conservation of Nature (IUCN) tahun 2002 kucing kaki hitam ini termasuk hewan langka yang rentan. Alasan utamanya karena terjadinya penggundulan hutan dan pestisida yang membuat mereka kekurangan mangsa. Maka dari itu sudah banyak lembaga konservasi dunia yang berusaha untuk menjaga spesies ini agar tidak punah. (lftysm)

banner