uploads/article/2023/10/bukan-cuma-nyanyi-berikut-88732742f5a9810.png

Bukan Cuma Nyanyi: Berikut 10 Posisi yang Dimiliki oleh Member Boy/Girl Group

Sobat Gen, meskipun terkesan simpel, nyatanya girl group di Korea maupun Indonesia memiliki posisi yang cukup kompleks dan beragam. Misalnya, di JKT48 sendiri, masing-masing tim memiliki member dengan perannya masing-masing. Mulai dari main vocal, main dancer, lead vocal, lead dancer, sub vocal, sub dancer, sampai ke center menjadi posisi-posisi yang nyatanya diisi oleh setiap member tiap girl group.

Tentunya, pembagian posisi ini bukan tanpa alasan Sobat Gen. Pembagian posisi ini nyatanya disesuaikan dengan keahlian dari tiap member girl group agar menghasilkan grup yang saling mengisi satu sama lain. 

Akan tetapi, penjelasan di atas masih belum menjelaskan arti dan tugas utama tiap posisi-posisi tersebut. Melalui artikel ini, penulis akan menjelaskan tugas dan fungsi tiap-tiap posisi yang ada di setiap girl/boy group, baik Internasional seperti K-Pop di Korea Selatan, maupun lokal seperti JKT48 maupun UN1TY. 

BACA JUGA: 3 Alasan Kenapa Boyband dan Girlband Indonesia Mudah Dilupakan 

1. Leader

Sobat Gen, biasanya apabila Sobat Gen dimasukan ke dalam grup tugas kuliah, grup tersebut akan memiliki ketua kelompok yang nantinya akan memimpin Sobat Gen untuk mengerjakan tugas kuliah kan? Sama seperti ketua pada grup tugas kelompok, dalam girl/boy group pun terdapat sosok pemimpin yang biasa disebut dengan leader. 

Sosok leader di sini pun biasanya merupakan sosok yang paling berpengalaman, dan juga member yang dituakan dalam suatu grup. Tugas utama seorang leader adalah bertanggung jawab atas grup yang diketuainya. Sosok leader biasanya akan menjadi sosok yang terdepan di antara member lainnya. Mereka akan menjadi sosok yang dianggap paling bertanggung jawab atas perkembangan grup tersebut, dan yang paling aktif berbicara untuk grup yang mereka ketuai.

2. Lead Vocal

Lead vocal memiliki perbedaan dengan main vocal. Seorang lead vocal akan menjadi sosok yang menyanyikan lirik bagian awal terlebih dahulu sebelum main vocal melanjutkannya. Sosok lead vocal pun menjadi bagian penting dalam suatu grup, karena keberadaannya seringkali memberikan warna baru dalam chrous suatu musik yang dibawakan oleh grup tertentu. 

3. Main Vocal

Sama seperti Lead Vocalist, posisi Main Vocalist bisa diisi oleh lebih dari satu anggota, tergantung pada kebutuhan grup. Mereka, seperti Taeyeon di Girls’ Generation, memiliki kemampuan vokal yang sangat baik dan sering membawakan bagian lagu yang menantang. Main Vocalist biasanya mendapatkan sebagian besar bagian vokal dalam lagu.

3. Sub Vocal

Sub Vocalist adalah anggota yang mendukung Main dan Lead Vocalist, meskipun mereka hanya terdengar dalam beberapa bagian lagu. Meskipun demikian, mereka memainkan peran penting dalam membedakan suara grup.

4. Main Rapper

Biasanya, dalam suatu girl/boy group terdapat seorang rapper yang memiliki versenya sendiri di sebuah lagu. Peran rapper dalam suatu boy/girl group pun juga penting, dan ada Main Rapper yang biasanya memiliki teknik dan kemampuan rap terbaik dalam grup. Mereka sering mendapatkan bagian rap yang lebih banyak dalam lagu.

BACA JUGA: UN1TY dan Masa Depan Boyband di Indonesia 

5. Lead Rapper

Lead Rapper biasanya hanya menyanyikan satu bait per lagu dan sering berduet dengan Main Rapper dalam bagian lain lagu.

6. Sub Rapper

Posisi Sub Rapper mendapatkan baris paling sedikit dalam lagu dan bertugas untuk mendukung Main dan Lead Rapper.

7. Main Dancer

Salah satu daya tarik dari suatu boy/girl group adalah dance yang mereka bawakan. Karena, nyatanya selain bernyanyi, seorang member dari boy/girl group pun dituntut untuk menari. Makanya, terdapat posisi-posisi tertentu dalam suatu boy/girl group yang difokuskan untuk menari. Main Dancer memiliki keterampilan menari yang luar biasa dan sering mendapatkan bagian solo tarian dalam lagu. Mereka juga dapat membantu dalam menciptakan koreografi grup.

8. Lead Dancer

Lead Dancer membantu memimpin koreografi dan menari di posisi depan saat formasi grup. Meskipun mereka memiliki kemampuan menari yang baik, mereka biasanya di bawah Main Dancer dalam hal kemampuan menari.

BACA JUGA: Sering Dianggap Sama, Berikut 4 Perbedaan Antara Idol Group dengan Girlband 

9. Visual

Posisi Visual adalah mereka yang dianggap memiliki daya tarik fisik dan sering ditempatkan di posisi tengah dalam foto grup karena penampilan mereka yang mencolok.

10. Face of the Group/Center

Face of the Group memiliki tugas yang mirip dengan Visual, tetapi mereka juga dianggap sebagai representatif dari grup dan bisa dipengaruhi oleh kepopuleran mereka atau posisi lain dalam grup.

Nah Sobat Gen, 10 posisi tersebut adalah posisi yang umumnya terdapat pada suatu boy/girl group. Setiap member nyatanya memiliki peran mereka masing-masing pada grup tersebut. Jadi, tentunya posisi-posisi yang ada di dalam suatu boy/girl group nyatanya merupakan hal yang sangat kompleks ya Sobat Gen!(*/)

(RRY)

 

banner