uploads/article/2023/10/sering-dianggap-sama-berikut-381601fbb42b69a.png

Sering Dianggap Sama, Berikut 4 Perbedaan Antara Idol Group dengan Girlband 

JKT48 bisa dibilang menjadi ‘musisi’ yang masih bertahan di era solois seperti sekarang ini. Sejak resmi dibentuk pada tahun 2011, JKT48 sudah menghiasi dunia permusikan Indonesia selama kurang lebih 12 tahun. 

Memang terdapat perbedaan antara idol group dengan boyband ataupun girlband. Namun, nggak bisa dipungkiri JKT48 cukup populer sebagai ‘girlband’ di Indonesia. Banyak orang awam yang menganggap JKT48 sebagai girlband. Padahal, terdapat perbedaan antara girlband dan juga idol group

Apa itu Idol Group?

Sekilas sama, tapi pada kenyataannya idol group berbeda dengan girlband. Idol group adalah istilah yang yang berasal dari budaya Jepang yang merupakan sebuah media untuk remaja perempuan untuk tampil menarik dengan rentan usia tertentu. Sehingga, bisa dikatakan idol group sendiri merupakan media untuk para remaja perempuan untuk tampil menarik. Sehingga, fokus dari idol group sendiri tidak hanya pada musik saja, melainkan hal-hal lain terkait penampilan mereka. 

Salah satu idol group yang paling dikenal oleh masyarakat dunia adalah AKB48. AKB48 sendiri merupakan idol group yang nantinya akan memiliki ‘saudara perempuan’ dari berbagai penjuru dunia, termasuk JKT48 yang menjadi saudara pertamanya di luar Jepang. 

BACA JUGA: 3 Musisi Indonesia yang Mengadaptasi Budaya Populer Jepang 

Apa Beda Idol Group dengan Girlband

Terus, sebenarnya apa sih beda antara idol group dengan girlband

1. Konsep 

Salah satu perbedaan idol group dengan girlband adalah konsep. Pada dasarnya, idol group sudah memiliki satu konsep saklek yang terus digunakan oleh berbagai idol group. Sesuai dengan pop culture Jepang yang seringkali mengedepankan hal-hal yang bersifat kawaii (imut dan girly), idol group pun pada akhirnya menerapkan konsep tersebut. 

Hal ini tentunya berbeda dengan girlband, girlband sendiri memiliki konsep yang lebih luas. Meskipun beberapa girlband menggunakan konsep yang sama seperti idol group yaitu kawaii dan girly. Lambat laun, konsep-konsep dari girlband pun terus mengalami perkembangan. 

2. Busana

Jika umumnya girlband menggunakan style fashion yang berbeda-beda di setiap panggung musiknya, idol group justru memiliki ‘seragam’ yang menyesuaikan dengan set list yang mereka bawakan. Seragam ini dikenal dengan istilah seifuku yang memiliki arti sama, yaitu seragam sekolah. 

Biasanya, suatu idol group akan memiliki seifuku sesuai dengan setlist yang mereka bawakan. Sehingga, untuk urusan busana manggung, suatu idol group sudah memiliki busana wajib yang mereka kenakan sesuai dengan setlist yang mereka bawakan.

3. Interaksi dengan Fans

Salah satu poin pembeda antara idol group dengan girlband adalah interaksi yang dilakukan dengan fansnya. Meskipun kini banyak girlband yang ‘membatasi’ interaksi dengan fans mereka, namun idol group memiliki pendekatan lain dalam pembatasan interaksi fansnya

Suatu idol group biasanya akan menggelar event-event jumpa fans sebagai bentuk interaksi antara idol dengan fansnya. Event-event seperti 2-shoot, fanmeet, handshake, dan lainnya menjadi cara untuk seorang fans idol group melakukan interaksi dengan idolanya

4.  Konsep Graduation

Jika umumnya seorang personil band atau dalam hal ini girlband keluar dari suatu grup mereka tinggal keluar saja, pada kenyataannya seorang personil idol group yang keluar dari grupnya akan dianggap sebagai bentuk kelulusan atau graduation. Mereka yang lulus dari suatu idol group akan mendapatkan konser atau event perayaan kelulusan. 

4 hal tersebut menjadi 4 perbedaan antara idol group dengan girlband. Sekilas sama, namun pada kenyataannya, idol group dengan girlband memiliki perbedaan yang cukup signifikan.(*/)

(RRY)

 

banner