uploads/article/2023/09/mengapa-kita-harus-memiliki-53666453ffb6459.png

Mengapa Kita Harus Memiliki Hobi?

Bagi beberapa orang, memiliki hobi adalah hal wajib yang harus mereka miliki untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Dan tentunya, setiap orang yang ada di dunia ini tidak harus memiliki hobi yang sama dengan orang lainnya.

Hobi sendiri adalah sebuah kegiatan yang kita lakukan di waktu senggang dengan tujuan untuk mencari ketenangan. Sehingga, bisa dibilang hobi nyatanya dapat menjadi ‘pelarian’ kita dari tanggung jawab ataupun tugas yang sudah kita jalani.

Hobi pun nyatanya tidak melulu harus mengeluarkan modal. Hal-hal kecil yang kita lakukan di waktu senggang untuk mencari ketenangan pun nyatanya dapat dikategorikan sebagai sebuah hobi. 

Namun, pada kenyataannya masih banyak orang-orang yang belum menemukan hobi untuk diri mereka sendiri. Banyak orang beranggapan melakukan hobi hanyalah membuang-buang waktu karena menganggap hobi justru lebih membuat kita mengeluarkan uang dibandingkan untuk mencetak uang.

Tapi, dilihat dari definisi dan tujuannya, rasa hobi menjadi hal yang wajib dimiliki oleh semua orang. Jadi, melalui artikel ini, kami akan mengajak kalian untuk lebih memahami alasan mengapa kalian harus memiliki hobi.

BACA JUGA: Pengen Diet Tapi Bingung Mulai dari Mana?  

1. Melatih Kreativitas

Nyatanya, beberapa pilihan hobi membantu kita untuk melatih kreativitas yang kita miliki. Hobi-hobi yang memiliki kaitan dengan dunia seni misalnya. Dengan memiliki hobi di bidang seni, nyatanya kita mampu mengexplore banyak hal sekaligus melatih kreativitas yang kita miliki. 

Selain itu, meskipun tidak harus dan melulu menciptakan uang, nyatanya melalui hobi pun kita seringkali menghasilkan sesuatu yang nyatanya memberikan kita kebahagiaan yang akhirnya berujung pada rasa kepuasan. 

2. Cara untuk Mengenal Diri

Melalui hobi, nyatanya kita diberi kesempatan untuk mengenal diri kita sendiri. Seringkali, hobi berasal dari kemauan kita untuk menjalankan hidup. Di sisi lain, pekerjaan yang kita jalani sekarang pada kenyataannya adalah hasil dari ‘keterpaksaan’ karena adanya tuntutan kehidupan.

Melalui hobi, setidaknya kita tetap dapat mempertahankan jati diri yang sebenarnya kita miliki. Kita pun diberikan kesempatan untuk lebih memahami diri kita sendiri melalui hobi yang memang kita sukai. 

BACA JUGA: Moving: Drakor yang Lebih dari Sekadar Kisah Manusia Super 

3. Healing

Semembosankannya kata ‘healing’ suka atau tidak pada akhirnya healing menjadi suatu hal wajib yang harus kita jalani. Pada dasarnya, hobi pun memberikan kesempatan kita untuk healing dari rumitnya pekerjaan, stress karena pekerjaan, dan lain sebagainya. Karena, kembali lagi, tujuan healing dan hobi pun memiliki kesamaan, yaitu untuk mencari ketenangan.

Selain itu, dengan hobi pun kita setidaknya memberikan waktu untuk diri kita sendiri. Kita tidak perlu memikirkan urusan orang lain, tanggung jawab, dan lain sebagainya. Yang kita fokuskan hanyalah mengerjakan apa yang memang kita suka. Dan tentunya, hal tersebut sangatlah baik untuk menjernihkan pikiran kita

4. Menemukan Bakat Baru

Banyak hobi mengajarkan tentang bidang-bidang tertentu, budaya, atau sejarah. Ini membuka pintu untuk memperluas wawasan dan pengetahuan seseorang tentang dunia di sekitarnya.

Pada akhirnya, hobi bukanlah sekadar kegiatan untuk mengisi waktu luang saja. Lebih dari itu, hobi memberikan banyak manfaat bagi diri kita terlebih dalam hal penguatan mental dan juga pemahaman akan diri sendiri.

(RRY)

banner