uploads/article/2023/12/mengenal-arti-rizz-istilah-73331c8101b13ed.png

Mengenal Arti ‘Rizz’: Istilah yang Paling Populer di Media Sosial di Tahun 2023

Jika Gen Z nggak pernah kehabisan akanl untuk membuat berbagai istilah baru di media sosial. sebelumnya istilah-istilah seperti ‘let him cook’, ‘cegil’ dan lain sebagainya sudah penulis jelaskan. Kini, terdapat satu istilah gaul lain yang populer di media sosial. 

‘Rizz’, istilah satu ini kayaknya sering banget kita temui di berbagai media sosial. Biasanya, istilah ‘rizz’ bisa Sobat Gen temukan di berbagai plaltform seperti TikTok, Instagram, ataupun X. Istilah ‘rizz’ sendiri akhirnya sering digunakan di berbagai konten media sosial. Tapi, sebenarnya rizz itu apa sih?

BACA JUGA: Apa Sih Arti dari Let Him Cook? Meme yang Kini Populer di Media Sosial 

Arti Rizz 

Istilah ‘rizz’ sendiri menjadi kata yang palli sering digunakan atau paling populer di tahun 2023. Kepopuleran kata ‘rizz’ sendiri dinyatakan oleh Universitas Oxford Press yang menerbitkan Kamus Bahasa Inggris Oxford. Sebagai momen tahunan, universitas Oxford selalu merilis kata-kata yang populer sepanjang tahun, dan di tahun 2023 ini kata ‘rizz’ menjadi salah satu kata yang paling populer. 

Mengutip dari Oxford University Press, rizz memiliki arti sebagai gaya, pesona, atau daya tarik, dan juga kemampuan untuk menarik pasangan secara romantis.. Singkatnya, ‘rizz; bisa Sobat Gen artikan sebagai bentuk dari kharisma. 

Sebenarnya, keberadaan kata ‘rizz’ sendiri sudah ada sejak Desember tahun lalu. Namun, seiring berjalannya waktu, kata ‘rizz’ semakin populer berkat konten-konten yang diunggah di media sosial.

Tapi, kalau dilihat lebih dekat, salah satu sosok yang mempopulerkan kata ‘rizz’ adalah streamer Kai Cenat. Buat Sobat Gen yang suka banget mantengin twitch tentunya kenal dengan sosok streamer asal South Baltimore ini. 

Awalnya, Kai menggunakan istilah ‘rizz’ di lingkup pertemanannya aja. Makanya, Kai sendiri punya definisi sendiri mengenai kata ‘rizz’. Menurutnya, ‘rizz’ adalah cara atau usaha dia untuk bisa mengobrol dengan seorang perempuan. Bahkan, di tahun 2021 Kai sempat membuat kompetisi bareng teman-temannya untuk menentukan siapa yang memiliki ‘rizz’ terbanyak. Makin gokilnya lagi, kai bahkan sampai bikin Akademi Rizz di twitch buat orang-orang yang ngerasa dirinya nggak memiliki ‘rizz’ sama sekali. 

BACA JUGA: Mengenal Istilah ‘Cegil’: Ketika Perempuan Jujur dengan Permasalahan Percintaannya

Gimana Bentuk Kontennya?

Sobat Gen tentunya serintg liat konten-konten gombal atau flirting di media sosial kan? Nah, bisa dibilang konten-konten gombal atau ngeflirt ini merupakan bentuk dari adaptasi dari kata ‘rizz’. Si pembuat konten biasanya akan menuliskan kata ‘rizz’ sembari melakukan gombalan ataupun ketika sedang melakukan flirting terhadap orang lain. 

Lebih lanjut ‘rizz’ juga bisa ditunjukan melalui ekspresi muka. Ekspresi yang berkharisma, menggigit bibir, dan ekspresi yang menunjukan ekspresi ‘ketertarikan’ kita terhadap seseorang bisa dibilang menjadi bentuk dari adaptasi kata ‘rizz’ sebagai bentuk konten. 

‘Rizz’ pada akhirnya bisa Sobat Gen artikan sebagai bentuk sikap ataupun istilah yang merujuk ke cara seseorang untuk ngedeketin orang yang menurut mereka menarik. Jadi, kira-kira Sobat Gen punya kemampuan ‘rizz’ atau nggak nih? (*/)

(RRY)

 

banner