uploads/article/2023/11/mengenal-istilah-cegil-ketika-812995997fb55b7.png

Mengenal Istilah ‘Cegil’: Ketika Perempuan Jujur dengan Permasalahan Percintaannya

Dari banyaknya berbagai istilah yang populer di media sosial, cegil kini menjadi salah satu populer yang paling sering digunakan. Biasanya, Sobat Gen akan menemukan istilah cegil ini di platform X. 

Sebenarnya, sesuai dengan apa yang Sobat Gen pikirkan. Cegil merupakan akronim dari kalimat ‘cewe gila’. Sekilas, istilah ini memang lumayan provokatif dan nggak sopan. Tapi, cegil di sini nggak mengarah ke perempuan dengan kebutuhan khusus loh, Sobat Gen!

BACA JUGA: Bukan Cuma Rich brian dan NIKI: Berikut 3 Musisi Asal Indonesia yang Dikontrak 88rising 

Biasanya, para perempuan yang disebut dengan cegil memiliki beberapa karakter tersendiri. Misalnya, mereka yang sering moodyan, posesif, agresif, pemarah, manipulatif, dan lainnya, biasanya mereka akan mendapat cap sebagai cegil.

lebih lanjutnya, berikut beberapa hal yang perlu Sobat Gen ketahui tentang cegil!

Apa Sih Cegil Itu?

Cegil di sini sebenarnya mengarah atau merujuk ke para perempuan yang memiliki tingkah laku di luar nalar dan bahkan ‘ajaib’. Spesifiknya, perilaku atau tingkah laku ‘ajaib’ ini berhubungan dengan percintaan seorang cewek terhadap gebetan atau pacarnya. 

Cegil sendiri sebenarnya sama seperti bucin. Tapi, agar lebih spesifik mengarah ke perempuan, akhirnya istilah cegil lebih sering digunakan.

Akan tetapi Sobat Gen, semakin sering suatu istilah digunakan, maka semakin meluas pula pemaknaannya. Cegil, kini sering kali ditujukan kepada cewek-cewek halu yang sering mencintai sosok yang nggak bisa digapai. Apa misalnya? Idol K-Pop, tokoh anime/manga, karakter di drakor, dan lain sebagainya. 

Musisi Representasi Cegil

Sobat Gen tentunya sepakat jika seorang musisi sering kali menggunakan fenomena/isu sosial sebagai referensi lagu yang mereka ciptakan. Nadine Amizah misalnya, terinspirasi dari kata ‘cegil’, Nadine Amizah membuat lagu yang berjudul ‘Rayuan Perempuan Gila’. Lagu ini sendiri merupakan bentuk dari keberanian diri dari Nadine yang mengakui ‘kekurangannya’ sebagai seorang perempuan dalam suatu hubungan. 

BACA JUGA: 4 Masalah yang Terjadi pada Pasangan LDR 

Melalui lagu ini, perlahan muncul tren di media sosial yang dilakukan oleh para perempuan untuk mengakui dirinya sebagai sosok yang ‘gila’. ‘Gila’ di sini bukan dalam konteks memiliki gangguan kejiwaan, melainkan sesuai dengan definisi cegil yang sebelumnya dijelaskan.  

Melalui lagu tersebut, kini banyak perempuan yang mau mengakui kekurangannya dalam bentuk konten dan mencoba untuk menjadi pribadi yang lebih baik. 

Selain Nadine, musisi-musisi lain seperti NIKI, Taylor Swift, dan Lana Del Rey pun sering kali dicap sebagai musisi favoritnya para cegil. Mulai dari lagu-lagu mereka yang sering kali merepresentasikan hubungan wanita. Pada akhirnya membuat para musisi tersebut menjadi representasi para cegil. (*/)

(RRY)

banner