uploads/article/2023/11/jadi-band-penutup-konser-4584284933b9a68.png

Jadi Band Penutup Konser Coldplay di Jakarta, Maliq & D'Essentials Siap Meriahkan GABFEST 2023!

Jelang GABFEST 2023, Generasi Anak Band melalui akun Instagram resminya, yaitu @generasianakband.official mengumukan surprise line up yang akan memeriahkan GABFEST 2023 di Taman Kota Peruri, 02 Desember 2023 nanti. Surprise line up yang diumumkan oleh Generasi Anak Band nyatanya adalah sosok band yang baru saja menjadi salah satu penampil di konser Coldplay di Jakarta kemarin, yaitu Maliq & D’Essentials!

Nama Maliq & D’Essentials di kancah permusikan Indonesia tentunya tidak terdengar asing. Terlebih, Maliq & D’Essentials baru saja menjadi band yang menutup konser Coldplay di Jakarta kemarin. Tapi, agar lebih mengenal dengan Maliq & D’Essentials, alangkah lebih baiknya kita membahas mengenai sejarah dan juga diskografi dari band yang terbentuk sejak 11 tahun yang lalu ini.

BACA JUGA: GABFEST 2023 Hadirkan Barasuara, Pee Wee Gaskins, Cokelat, dan Top 3 Generasi Anak Band!

Sejarah Maliq & D’Essentials

Dibentuk pada 15 Mei 2002, awalnya Maliq & D'Essentials beranggotakan 9 orang. Dimulai dari kafe ke kafe, perlahan nama Maliq & D’Essentials mulai dikenal di Jakarta. Maliq & D'Essentials sendiri sebenarnya memberikan warna baru dalam industri musik Indonesia kala itu. Anak muda Indonesia yang belum terlalu akrab dengan lagu-lagu bergenre jazz, funk, soul, maupun R&B akhirnya menemukan sosok baru dalam industri musik Indonesia.

Maliq & D’Essentials sendiri sekarang beranggotakan enam orang nih, Sobat Gen. Ada Angga Puradiredja (Angga), Rivani Indriya Suwendi (Indri), Dendy Sukarno (Jawa), Widi Puradiredja (Widi), Arya Aditya Ramadhya (Lale), dan Ilman Ibrahim (Ilman).

Nama Maliq sendiri merupakan konsep dan juga singkatan dari Music and Live Instrument Quality. Munculnya nama ini merupakan gagasan dari Angga dan Widi yang juga merupakan produser, komposer, pengarasemen, dan juga penulis lagu. Kemudian, nama D’Essentials diambil sebagai bentuk pendukung dari konsep tersebut yang mengacu pada para personel band tersebut. Pada akhirnya, nama Maliq & D’Essentials merupakan suatu kesatuan yang nggak akan bisa dipisahkan. Walaupun begitu, nyatanya masih banyak orang Indonesia yang keliru untuk menyebut nama band ini loh, Sobat Gen!

Terlebih, sejak manggung di Java Jazz Festival 2005, banyak orang Indonesia yang beranggapan kalau Maliq & D’Essentials merupakan band yang beraliran jazz Padahal, pada kenyataannya, musik yang dimainkan oleh Maliq & D’Essentials bukan cuma jaz saja Maliq & D’Essentials pada dasarnya menggabungkan berbagai genre seperti soul, funk, rock, blues, dan lain sebagainya. Nah gabungan genre inilah yang nantinya akan disebut sebagai organic music

Tercatat, Maliq & D’Essentials memiliki 6 album studio, 3 Album mini, dan 9 singles yang diantaranya:

Album Studio

  • 1st (2005)
  • Free Your Mind (2007)
  • The Beginning Of A Beautiful Life (2010)
  • Sriwedari (2013)
  • Musik Pop (2014)
  • Senandung Senandika (2017)

Mini Album:

  • Mata Hati Telinga (2009)
  • 25 Tahun Mcdonald’s Indonesia ((2017)
  • Raya (2021)

Singles:

  • Kompilasi LC LM 2008 - "Tafakur" (2008)
  • Kompilasi Radio Killed The TV Star - "Berlari dan Tenggelam" (2011)
  • A Tribute to KLa Project - "Prasangka" (2011)
  • Fariz RM and Dian PP In Collaboration With - "Barcelona" (2014)
  • Deluxe 2 in 1 CD Sriwedari + Musik Pop - "Aurora" (2015)
  • Kompilasi Pop Hari Ini - "Mendekat, Melihat, Mendengar" (2016)
  • Senja Teduh Pelita (2019)
  • Langkah Baikmu Berarti (2021)
  • Aduh (2023)

BACA JUGA: Mari Berkenalan dengan Band-Band yang Akan Tampil di GABFEST 2023! 

Hadir di GABFEST 2023

Nggak lengkap rasanya jika mengadakan festival musik band tanpa kehadiran band yang menjadi band penutup di konser Coldplay di Jakarta kemarin. Sehingga, untuk menutup line up dari GABFEST 2023, Maliq & D’Essentials menjadi surprise line up dari GABFEST 2023. Jadi untuk Sobat Gen yang ingin menyaksikan Maliq & D’Essentials dan berbagai band nasional lainnya seperti Barasuara, Pee Wee Gaskins, OKAAY, Cokelat, Stereowall, dan lain sebagainya dengan harga yang murah, Sobat Gen bisa langsung membeli tiket GABFEST 2023 di tiket.com atau dengan menklik link di bio Instagram Generasi Anak Band di @generasianakband.officiall

Dengan harga Rp98.700 Sobat Gen udah bisa menyaksikan Maliq & D'Essentials dan berbagai band nasional lainnya. Jadi, sampai ketemu di GABFEST 2023 di Taman Peruri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada 02 Desember 2023 nanti ya! (*/)

(RRY)

 

banner