uploads/article/2023/10/4-rekomendasi-aplikasi-streaming-14264dcf5cb1af0.png

4 Rekomendasi Aplikasi Streaming Musik yang Wajib Kamu Ketahui!

Sobat Gen, radio nggak bisa dipungkiri masih menjadi salah satu pilihan untuk mendengarkan musik ketika sedang di dalam perjalanan. Akan tetapi, kita pun tidak dapat menepis fakta bahwa kini, terdapat cara lain untuk mendengarkan musik selain radio. Terlebih, musik yang kita dengarkan di radio disesuaikan dengan playlist yang dimiliki oleh radio tersebut. 

Dengan demikian, kemunculan aplikasi streaming musik pun dirasa menjadi salah satu cara untuk mendengarkan musik sesuai dengan apa yang ingin dengarkan. Berbagai aplikasi streaming musik pun nyatanya menawarkan berbagai fitur lain yang memungkinkan Sobat Gen untuk berinteraksi dengan pengguna lain di aplikasi tersebut.

Melalui artikel ini, penulis akan membagikan 4 aplikasi streaming musik yang dapat Sobat Gen download di play store ataupun app store:

1. Spotify 

Spotify nggak bisa dipungkiri menjadi salah satu aplikasi streaming musik paling populer saat ini. Selain pilihan lagu yang bervariatif, Spotify pun menyediakan layanan lain selain musik, seperti Podcast. Dari segi harga berlangganan pun, Spotify tergolong memiliki harga yang relatif murah. Dengan harga sebesar Rp54.990/bulan, Sobat Gen sudah bisa mendengarkan semua lagu yang ada di Spotify tanpa iklan dan juga dapat memilih lagu sesuka hati. Belum lagi, Spotify pun menawarkan paket family yang memungkinkan SObat Gen untuk berlangganan Spotify dengan cara patungan dengan teman maupun keluarga Sobat Gen. 

Selain itu, Spotify pun memberikan keringanan untuk para pelajar untuk mendapatkan diskon pelajar loh, Sobat Gen! Jadi, untuk Sobat Gen yang masih menjadi mahasiswa aktif, Sobat Gen dapat mendaftarkan akun Spotify Sobat Gen untuk mendapatkan diskon pelajar loh!

Selain itu, fitur friend recent activity menjadi salah satu menarik dari Spotify yang memungkinkan kita untuk mengetahui lagu apa yang sedang teman kita dengar. Selain itu, Sobat Gen pun bisa membuat playlist pribadi maupun playlist kolaboratif bersama teman-teman Sobat Gen yang memiliki akun Spotify.

BACA JUGA: Mengenal Musik Lo-fi: Musik yang Wajib Kamu Dengar Ketika Sedang Beraktivitas 

2. Apple Music

Selain Spotify, aplikasi streaming musik yang nggak kalah populer adalah Apple Music. Meskipun dikembangan oleh Apple yang notabenenya identik dengan iPhone, nyatanya Apple Music pun tersedia di Play Store. Sehingga, untuk Sobat Gen yang menggunakan handphone Android nyatanya tetap dapat menggunakan Apple Music loh!

Untuk biaya langganan, Apple Music memiliki harga yang lebih mahal sedikit dibandingkan dengan Spotify. Biaya langganan perbulan dari Apple Music adalh sebesar Rp55.000/bulan. Dan sama seperti Spotify, Apple Music pun menawarkan diskon pelajar juga loh!

Untuk fitur sendiri, Apple Music pun menyediakan berbagai musik dan lagu dari berbagai musisi. Sobat Gen pun dapat membuat playlist di Apple Music baik playlist pribadi maupun kolaboratif. 

3. YouTube Music

Meskipun dikenal sebagai platform streaming video, kini YouTube pun memperluas pasar mereka ke pasar musik. Kini, YouTube pun merilis aplikasi streaming musik bernama YouTube Music. 

Untuk koleksi lagi, YouTube Music nyatanya memiliki koleksi lagu yang lebih banyak dibandingkan dengan Spotify ataupun Apple Music. Selain itu, sama seperti Spotify dan Apple Music, Sobat Gen pun dapat membuat playlist di YouTube Music. 

BACA JUGA: 5 Istilah yang Seringkali Kamu Lihat di Konser dan Festival Musik

Untuk langganannya sendiri, YouTube Music masuk ke dalam paketan YouTube Premium. Sehingga, Sobat Gen pun mendapatkan kelebihan dari YouTube Premium juga apabila berlangganan YouTube Music. Meskipun begitu, Sobat Gen pun bisa hanya berlangganan YouTube Music tanpa YouTube Premium dengan biaya sebesar Rp49.000/bulan.

4. SoundCloud

Untuk Sobat Gen yang hobi mengulik lagu-lagu atau musik dari musisi amatir dan independen, SoundCloud menjadi aplikasi streaming musik yang wajib Sobat Gen miliki. SoundCloud menjadi aplikasi streaming musik yang sering digunakan musisi indie untuk merilis lagu-lagu mereka. Sehingga, Sobat Gen pun dapat mendapatkan lagu-lagu dengan kesan eksklusif dan juga indie di SoundCloud. 

4 aplikasi tersebut merupakan aplikasi streaming musik yang dapat Sobat Gen gunakan untuk mendengarkan lagu-lagu ketika sedang berada di perjalanan ataupun tengah melakukan kegiatan.(*/)

(RRY)

 

banner