uploads/article/2023/09/sama-seperti-pop-melayu--3874878b3729d67.png

Sama Seperti Pop Melayu, Lagu Pop Centil Pun Memiliki Nilai Nostalgia

Tahun 2010an, genre musik di Indonesia bisa dibilang sangat bervariasi. Lagu-lagu pop melayu, lagu boyband, lagu rock-melayu, dan lain sebagai menjadi genre musik populer Indonesia di era tersebut.

Tapi, tentunya Sobat Gen yang besar pada era tersebut mengenal satu genre musik yang rasanya punya nilai nostalgia bagi Sobat Gen. Pop centil, genre lagu yang rasanya menjadi salah satu genre musik yang populer di Indonesia di era tersebut. Musisi seperti T2, Aura Kasih, Cinta Laura, Mulan Jameela, dan G String menjadi contoh dari musisi-musisi pop centil yang populer pada era tersebut. 

Apa sih Pop Centil Itu? 

Pop centil sendiri adalah musik pop yang memiliki nuansa centil. Centil sendiri jika merujuk pada KBBI merupakan istilah untuk mereka yang suka bergaya (tentang gadis). Sehingga, pop centil sendiri merupakan lagu-lagu pop yang dapat dikatakan memiliki nuansa girly jika dibandingkan dengan lagu-lagu pop lain. 

BACA JUGA: 3 BAND POP MELAYU YANG MASIH AKTIF DI INDONESIA

Pop centil cenderung menonjolkan citra yang ceria, feminin, dan menggemaskan, sering kali dengan sentuhan warna-warna cerah, pola-pola yang lucu, atau gaya busana yang mengutamakan penampilan yang imut.

Makanya, nuansa lagu-lagu pop centil biasanya menggunakan elemen-elemen feminim atau hal-hal yang erat kaitannya dengan perempuan. Mulai dari pemilihan kata untuk lirik, instrumen yang dibuat lebih girly dan feminim, dan video klip dengan elemen feminim rasanya menjadi hal-hal yang membuat sebuah lagu dapat dikategorikan sebagai lagu pop centil. 

Musisi Pop Centil

Cinta Laura seringkali dicap sebagai musisi pop centil yang paling beken di era tersebut maupun di era sekarang. Image feminim dan gaya komunikasi dari Cinta Laura pun dirasa sangat cocok dengan musik pop centil yang mengutamakan image feminim.

Bahkan, baru-baru ini, Cinta Laura mengeluarkan single terbaru bersama rapper Ramengvrl yang berjudul ‘Bossy’. Single ini mengangkat isu mengenai girl power dan juga menggunakan elemen ‘pop centil’ yang di era sekarang mulai terlupakan. 

Selain Cinta Laura, berbagai musisi pop centil lain seperti T2 dengan lagu hitsnya yang berjudul ‘OK’, Aura Kasih dengan “Mari Bercinta’, Mulan Jameela dengan ‘Mahluk Tuhan yang Paling Sexy’, atau G String dengan ‘Honey Bunny Sweety’ menjadi contoh lagu pop centil yang sempat populer di Indonesia.

BACA JUGA: 5 TREN MUSIK YANG HADIR DI INDONESIA

Ajang Nostalgia

Meskipun lagu-lagu bertemakan pop centil di era sekarang sudah jarang, nyatanya lagu-lagu pop centil memiliki elemen nostalgia yang seringkali membuat kita teringat dan bahkan sing a long apabila lagu pop centil dimainkan.

Sama seperti lagu-lagu pop melayu, meskipun seringkali dianggap norak dan alay, nyatanya lagu pop centil seringkali dijadikan lagu wajib untuk bernostalgia. Karena, pada dasarnya lagu-lagu pop centil pun sama seperti lagu pop melayu, keduanya sama-sama easy to listening dan memiliki lirik yang relatable dengan masyarakat Indonesia. 

Pada akhirnya, meskipun sudah tidak sepopuler dulu, lagu-lagu pop centil tetap memiliki tempat di hati pendengar lagu Indonesia. Jadi, apa lagu pop centil favorit Sobat Gen?(*/)

(RRY)

 

banner