/uploads/uploads/photos/2017/05/18/1001115buka-dopet.jpg

10 Aktivitas Harian Yang Tanpa Sadar Membuang Uang Anda

Logo GEN FM
/uploads/uploads/photos/2017/05/18/1001115buka-dopet.jpg

Udah berusaha berhemat, tapi tetap aja ngerasa..  "Uang kok cepet habis ya? beli apa ajasih?" Nah, mungkin kamu gak sadar melakukan aktivitas-aktivitas seperti ini nih Sobat GEN.

1. Beli minum botolan

Air mineral memang lebih murah ketimbang minuman berperasa tak sehat yang jarang dibeli itu. Tapi, bila setiap hari beli botol air minum, berapa banyak uang yang berubah bentuk menjadi limbah plastik? Lebih baik beli botol minum yang bisa digunakan lagi untuk selalu bawa air minum dari rumah atau kantor.

2. Langganan yang tak dimanfaatkan

Sudah jarang baca koran langganan atau sudah tak lagi menggunakan software berlangganan yang harus bayar berkala? Bukankah lebih baik uangnya ditabung?

3. Beli kopi di gerai toko kopi ternama

Setiap hari mengeluarkan uang untuk minum kopi dari merek ternama? Cek lagi berapa harganya dan kalikan 7 hari atau 22 hari kerja. Lalu bandingkan dengan beli kopi sachet yang cuma butuh 5 menit untuk bikin sendiri.

4. Hanya mau belanja barang bermerek

Ya, barang bermerek umumnya lebih berkualitas dan tahan lama, juga bisa jadi investasi. Tapi, tahukah Anda saat ini ada banyak saluran untuk beli belanja produk second hand, bermerek juga tapi hargaya lebih terjangkau. Cek juga produk lokal yang makin keren dengan harga lebih reasonable.

5. Menggunakan kartu kredit berbunga tinggi

Ini enggak usah dijelaskan, ya. Sudah tahu persis alasannya. Selalu perhatikan tagihan bulanan kartu kredit Anda dan cek mana pengeluaran yang sangat tidak perlu, hindari transaksi serupa di kemudian hari. Sekaligus cek pengeluaran yang mencurigakan.

6. Langganan layanan televisi berbayar

Kalau Anda jarang di rumah dan jarang menonton televisi, buat apa langganan saluran televisi berbayar?

7. Lupa mematikan listrik

Lampu kamar mandi yang tak dimatikan berhari-hari dan peralatan listrik yang tak digunakan tapi terus dicolok ke setop kontak akan menyedot biaya listrik. Matikan setiap kali selesai digunakan dan cabut kabelnya dari sumber listrik.

8. Berkali-kali membeli makanan jadi di luar rumah

Tanpa Anda sadari, pajak dan biaya servis di restoran-restoran menumpuk hingga menyedot uang gaji Anda cukup banyak. Sedih, deh.

9. Selalu belanja bahan makanan di supermarket

Ada sebagian supermarket yang hanya menjual bumbu atau bahan makanan dalam jumlah cukup banyak karena sudah dipaket. Bila Anda belum ada rencana masak masakan dalam jumlah besar dalam waktu dekat, hindari kebiasaan ini. Lebih baik buat perencanaan masakan mingguan dan cek kebutuhan bumbu/bahan masakan per hari, dengan begini Anda bisa beli bumbu secukupnya setiap 2 harian di pasar tradisional. Lebih hemat, bisa pilih sendiri bahan yang segar!

10. In-app purchase

Beli stiker, beli token, beli poin, atau apapun itu namanya, bila dikumpulkan bisa menyebabkan pengeluaran yang tak terlalu diperlukan.

Apa lagi yang menurut Anda menyedot pengeluaran harian tanpa disadari?

source: www.womantalk.com
banner